Penyebab, Gejala dan Pengobatan Batu Ginjal

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Batu Ginjal – Batu ginjal dapat terbentuk di ginjal, pada saluran air kencing pada ginjal (ureter) atau kandung kemih. Batu ginjal dapat ditemukan dalam berbagai bentuk ukuran dan dengan bentuk yang berbeda. Ukuran batu ginjal berkisar sangat kecil berukuran seperti kristal, sedangkan ukuran besarnya seperti seperti kentang. Batu ginjal dalam ginjal dapat terbentuk ketika sisa bahan kimia dalam air kencing mengendap yang kemudian membentuk kristal.

penyebab-gejala-dan-pengobatan-batu-ginjal

Diperkirakan 3 dari 20 laki-laki dan 1 dari 20 wanita memiliki batu ginjal pada usia tertentu selama mereka hidup. Batu ginjal dapat terjadi tanpa mengenal usia, tetapi pada umumnya batu ginjal terjadi pada usia terntetu antara 20-40 tahun. Pada sebagian kasus, batu ginjal yang sudah sembuh dapat kembali lagi atau berulang.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Penyebab ginjal salah satunya adalah karena pengaruh penggunaan obat obatan terntentu. Beberapa obat obatan yang menjadi pemicu terjadi batu ginjal adalah penggunaan obat obatan kemoterapi serta beberapa penggunaan obat obatan yang digunakan untuk mengatasi HIV / AIDS. Akan tetapi tidak semua orang yang mengambil obat obatan tersebut akan terkena gangguan batu ginjal. Jika Anda menemukan gejala pada diri Anda ketika Anda mengambil obat obatan tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda, apak mengambil obat obatan tersebut diteruskan atau dihentikan.

Dalam kasus tertentu, penyebab terjadinya batu ginjal dapat terjadi karena kondisi medis. Kondisi tersebut diantaranya seperti tingginya kadar kalium, oksalat sistin dan asam urat. Jika beberapa bahan-bahan kimia tersebut hadir dalam jumlah yang besar, ia akan memicu terjadinya batu ginjal.

Gejala batu ginjal

Pada umumnya batu ginjal sudah terbentuk tanpa disadari. Karena pada awal terbentuknya batu ginjal tidak memberikan gangguan atau gejala. Akan tetapi ketika batu ginjal memberikan gejala, maka gejala yang timbul adalah sebagai berikut.

  • Adanya darah dalam urin. Hal ini terjadi karena batu ginjal dapat melukai dinding uretra.
  • Adanya infeksi pada air kencing, infeksi ini akan memberikan sensasi rasa sakit ketika buang air besar.
  • Frekuensi buang air kecil meningkat
  • Adanya rasa sakit akibat batu ginjal, hal ini akan memberikan rasa sakit pada bagian perut.
  • Adanya rasa sakit yang sangat parah.

Perwatan Dan Pengobatan batu Ginjal

Secara umum batu yang menyebabkan kolik renalis akan keluar bersama air kencing dalam waktu satu atau dua hari. Agar batu bisa segera keluar dari air kencing, disarankan untuk memperbanyak mengambil cairan. Obat pereda sakit yang cukup kuat dapat diberikan untuk meringankan rasa sakit sampai batu ginjal dapat keluar.

Dalam kasus yang lebih parah batu ginjal biasanya tidak lagi bisa keluar dari ginjal atau uretra. Untuk mengatasi ini, biasanya dokter memberikan pengobatan dengan beberapa pilihan. Diantara pengobatan batu ginjal yang diberikan adalah dengan memberikan pengobatan dengan Nefrolitotomi Percutaneous Dan penghapusan operasi tradisional.

Facebook Comments