Penyebab Gangguan Kesehatan Pada Pencernaan

Penyebab Gangguan Kesehatan Pada PencernaanPenyebab Gangguan Kesehatan Pada Pencernaan – Sistem pencernaan atau pencernaan manusia memiliki 2 fungsi yang utama yaitu mengganti makanan yang telah dimakan ke nutrisi yang diperlukan tubuh serta membuang dan mencerna bahan buangan yang tak diperlukan oleh tubuh. Justru, untuk melakukan proses ini, sistem pencernaan tubuh manusia membutuhkan kerjasama penuh dari organ-organ tubuh termasuk mulut, perut, hati, kandung empedu dan juga usus.

Bagaimana proses makanan dicerna?

  1. Bila makanan masuk melalui mulut. Ia akan bercampur dengan air liur kita.
  2. Bila gigi kita mengunyah dan menghancurkan makanan menjadi partikel-partikel kecil, air liur berfungsi menyerap makanan untuk dicampur dan menjadikannya lembut.
  3. Kemudian lidah akan menolak partikel makanan ini ke dalam tenggorokan untuk ditelan melalui tindakan refleks tenggorokan.
  4. Setelah itu, makanan hancur dan lembek ini akan masuk ke dalam kerongkongan dan melanjutkan perjalanannya dari perut sampailah ke usus.

Masalah Pencernaan Bermula Bila Usus Kita Kotor!

Seperti yang telah disebutkan, trek pencernaan adalah sistem tubuh yang memproses makanan yang telah dimakan untuk mendapatkan kembali nutrisi dan membuang bahan yang tidak diperlukan tubuh. Di dalam sistem pencernaan ini terletak satu organ yang dinamakan usus besar atau kolon yang berperan mengirim vitamin dan mineral ke seluruh tubuh. Adalah sangat penting dan kritis untuk kita terus melindungi dan memastikan usus dalam keadaan bersih sehingga seluruh sistem dalam tubuh kita dapat berfungsi dengan lancar.

Penyebab Gangguan Kesehatan Pada Pencernaan

Hampir 80 persen orang di seluruh dunia menderita akibat dari kondisi usus yang tidak sehat. Ini mendorong ke kondisi sistem pencernaan tidak sehat yang mungkin menginfeksi tubuh. Usus kita ini bekerja keras setiap hari untuk mencerna semua makanan yang kita ambil. Bayangkan jika kita ini jenis yang makan apa saja makanan tanpa menghiraukan kesehatan usus? Lebih-lebih lagi kita di Indonesia ini kaya dengan berbagai variasi makanan yang lezat tapi sayangnya banyak yang tidak sehat.

Usus kita umpama tempat kita menumpuk semua bahan yang kita makan dan mereka terpaksa melakukan pekerjaan kotor untuk mengisolasi bahan yang diperlukan dan limbah. Sehingga satu tingkat lingkungannya menjadi terlalu kotor. Apabila terjadi masalah pencernaan. Nutrisi tidak dapat diserap dan akan digunakan oleh bakteri dalam tinja. Ini menyebabkan produksi gas yang banyak dan itu terkumpul dalam tinja.

Baca juga : Cara Diet Untuk Penderita Kanker

Wujud Kotoran Yang Sehat

  • Warnanya kuning keemasan.
  • Porsinya antara 2-3 ketul.
  • Berbentuk seperti pisang.
  • Kekerasannya seperti buah pisang dan lembut seperti pasta gigi.
  • Mengandung kapasitas air 80 persen.
  • Jika kotoran mengambang, kemungkinan berasal dari perubahan diet. Tidak ada masalah.

Apakah Faktor Yang Menyebabkan Masalah Pencernaan Ini Terjadi?

Beberapa faktor berikut adalah penyebab mengapa masalah pencernaan atau pencernaan ini terjadi.

  1. Diet yang tak sehat. Kurang mengambil serat seperti buah dan sayur. Banyak makan makanan proses. Asupan garam dan gula secara berlebihan.
  2. Stress. Mungkin tekanan kerja yang ekstrim sehingga terbawa-bawa ke rumah.
  3. Konsumsi antibiotik yang berlebihan dapat mengancam bakteri baik dalam tubuh.
  4. Merokok dan minum alkohol. Perlu lagi ke penjelasan tentang ini?
  5. Toksin dari alam sekitar. Zaman modern ini menyebabkan kita terkena radikal bebas yang merusak sel tubuh seperti polusi air, radiasi bahan kimia, logam dan merkuri.
  6. Penggunaan insektisida dan gulma yang disemprotkan ke buah dan sayur yang kita makan.
  7. Kebiasaan makan yang tak suka mengunyah makanan lumat-lumat. Kunyah sedikit dan terus telan saja makanan. Ini dapat menyebabkan perut senak, kembung, angin dan sembelit.

Tanda-tanda Usus Anda Bermasalah!

Berikut adalah gejala yang Anda harus ambil berat untuk menemukan solusi bagi mengatasi masalah ini sebelum menjadi kronis;

  • Selalu merasa pusing atas alasan yang tak diketahui.
  • Rasa sakit punggung atau sakit-sakit sendi.
  • Rasa susah untuk bernafas karena sistem pernapasan terganggu.
  • Masalah sinus atau bau badan yang tengit.
  • Nafas berbau dan lidah rasa kelat.
  • Alergik terhadap makanan.
  • Susah nak membuang air. Sembelit kronis.
  • Perut kembung dan selalu lambung.
  • Rasa letih, stress dan tidak nyaman dengan tubuh.
  • Berat badan naik tanpa sebab meskipun makan sedikit.

Cara Alami Membersihkan Usus Kotor

Tiga langkah di bawah ini nampak mudah tetapi sebenarnya bisa menyelamatkan nyawa kita;

  • Ubah Kebiasaan Makanan Cepat Saji

Makanlah lebih banyak serat dari sumber sayuran dan buah-buahan. Ambil 20-35 gram serat per hari untuk menyapu bersih sampah dalam usus dan menurunkan berat badan.

  • Minum Lebih banyar Air Masak

Minumlah setidaknya 8 gelas sehari karena air membantu proses pencernaan berjalan lancar sekaligus membebaskan usus dari kotoran yang tidak diingin.

  • Tingkatkan Konsumsi Yogurt

Tubuh membutuhkan bakteri baik untuk memproses gizi tertentu. Tanpa bakteri ini, mikroorganisme penyebab penyakit akan merajalela dalam tubuh. Makanlah 1-2 porsi yogurt sehari.

  • Ubah Gaya Hidup

Lakukan lebih banyak aktivitas fisik selama 30 menit sehari dengan berjalan, jogging atau pun membereskan rumah. Gaya hidup aktif akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori. Tubuh akan lebih bugar dan sehat.

  • Konsumsi Suplemen Untuk Membantu Proses Detoks

Koloklin Capsule

Koloklin (FILEminimizer)

Pro Cleansing Tea

Pro Cleansing Tea (FILEminimizer)

Detox adalah proses membersihkan usus dimana segala toksin, lemak dan lendir yang melekat di dinding usus dikeluarkan melalui pembuangan air besar. Konsumsi suplemen seperti Koloklin Capsule + Pro Cleansing Tea untuk membantu proses pencernaan berjalan lancar. Supplemen ini alami, aman dan efektif. Silahkan KLIK DISINI ! untuk penjelasan produk dan pemesanan produk lebih lengkap !

Facebook Comments