Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

PEPAYA, buahnya manis dan segar. Pepaya sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Pepaya dapat di makan langsung atau di buat olahan lain seperti Jus, Es Pepaya, Puding dll.

daun pepayaTapi tahukah anda bahwa yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan itu bukan hanya dari buahnya saja ? Yups, daun pepaya juga punya segudang manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Lantas apa saja manfaatnya ?

Berikut manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan kecantikan, versi Ace Maxs Berkhasiat :

  • Untuk memperkuat tulang dan gigi

Dengan kandungan alami yang dimiliki oleh daun pepaya, dapat memperkuat tulang dan gigi. Konsumsilah sayur daun pepaya yang dapat disajikan dengan berbagai sajian.

  • Dapat digunakan sebagai obat jerawat

Anda dapat mengatasi jerawat menggunakan daun pepaya. Caranya, ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Kemudian jemur sebentar dan tumbuk hingga halus. Tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang berjerawat seperti menggunakan masker. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

  • Sebagai obat demam berdarah

Caranya, ambil lima lembar daun pepaya kemudian campurkan dengan temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian dinginkan sebelum diminum.

  • Sebagai obat anti kanker

Dengan mengkonsumsi daun pepaya baik dimasak dengan cara apapun, kita bisa mendapatkan manfaat dari getah putih atau yang dalam bahasa latin disebut white milky latex. Getak putih inilah yang terdapat dalam daun pepaya dan berpeluang dikembangkan sebagai antikanker.

  • Baik untuk melancarkan sistem pencernaan

Daun pepaya mengandung zat karpin, yaitu zat yang dapat membunuh mikroorganisme jahat yang sering mengganggu sistem pencernaan. Anda dapat mengkonsumsi daun pepaya dengan cara direbus untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

  • Dapat menambah nafsu makan

Caranya, siapkan daun pepaya segar yang seukuran dengan telapak tangan. Kemudian siapkan juga sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir atau secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Campur semua bahan menjadi satu dengan cara ditumbuk atau blender. Saring, kemudian minum airnya.

  • Sebagai pengontrol tekanan darah

Caranya, ambil lima lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air hingga tersisa tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis.

  • Sebagai obat anti nyeri haid

Caranya, ambil sehelai daun pepaya pepaya segar. Siapkan asam jawa dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air hingga medidih. Tunggu hingga dingin kemudian minum.

  • Untuk melancarkan ASI

Selain daun katuk, daun pepaya juga bisa digunakan sebagai sayuran untuk melancarkan ASI. Herba pelancar ASI seperti daun pepaya efektif jika dikonsumsi pada awal masa menyusui. Selanjutnya, kelancarannya tetap bergantung pada hisapan bayi.

  • Dapat digunakan untuk membuat daging menjadi lebih empuk

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengempukkan daging. Caranya, cukup meremas-remas daun pepaya muda hingga keluar getahnya, kemudian gunakan untuk membungkus daging. Diamkan kurang lebih selama 60 menit sebelum diolah menjadi masakan.

Nah sobat, itulah manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh yang bisa anda coba dan prkatekan sendiri di rumah. Selain murah, daun pepaya ini juga mudah di dapatkan. Semoga bermanfaat !

Facebook Comments