Kekurangan Vitamin D dapat Menyebabkan Sakit Perut

Kekurangan Vitamin D dapat Menyebabkan Sakit Perut

Peneliti di Inggris melaporkan, 8 dari 10 orang yg mengalami gangguan fungsi saluran cerna yg sering dinamakan Irritable Bowel Syndrome (IBS) bisa jadi kekurangan vitamin D. Walaupun baru penelitian awal, menurut peneliti, kedepan beberapa orang ini butuh memerlukan skrining gizi & suplemen vitamin D.

“Vitamin sangat penting bagi tubuh, termasuk untuk kesehatan tulang. Vitamin D bisa didapatkan dari makanan, namun sebagian besar bisa didapat dari sinar matahari,” ucap peneliti, seperti yang dikutip WebMD, Jumat (25/12/2015).

IBS adalah keadaan kesehatan jangka panjang serius yg menyebabkan perut kram, kembung, diare atau sembelit. Di Amerika, penyakit ini memengaruhi 25-45 juta orang.

Walau tidak sedikit dialami sebanyak orang, tapi penyebab tentunya masih belum diketahui pasti. Tapi hal psikologis seperti stres akan memicu IBS bagi sebagian orang.

Dalam studi teranyar tersebut, peneliti menemukan 82 persen penderita IBS menderita kekurangan vitamin D. Setelah itu, para peserta dengan cara acak menerima suplemen D & plasebo juga probiotik yg mesti dimakan selama 12 pekan. tetapi tiada peningkatan kesembuhan signifikan.

Penelitian yg dipublikasikan dalam journal BMJ Open Gastroenterology ini menduga, percobaan pada awal mulanya dilakukan dgn sejumlah kecil orang & jangka waktu singkat. Untuk itu, kedepan, mereka dapat membuat percobaan yg melibatkan banyak orang supaya hasil penelitian lebih pasti.

Kendati begitu, peneliti menyarankan utk Kamu yg menderita IBS buat berkonsultasi ke dokter & menanyakan berkaitan risiko kekurangan vitamin D.

Baca juga : Obat Sakit Perut Sebelah Kanan Atas

Facebook Comments