Apa Saja Tanda dan Gejala HIV?

Apa Saja Tanda dan Gejala HIV

Sulit untuk memahami tanda-tanda HIV pada tahap awal. Gejala umum dari HIV adalah demam, ruam, nyeri otot, dll yang dapat terjadi karena beberapa perasaan lainnya. Jadi, cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda terpengaruh HIV atau tidak adalah dengan pergi melalui tes HIV.

Apa saja tanda dan gejala HIV? Sebenarnya, tanda-tanda HIV bervariasi dari orang ke orang, tergantung pada tahap penyakit Anda. Ada tiga tahap: tahap awal, tahap latency klinis dan tahap terakhir atau AIDS.

Baca juga : Obat Herbal Penghambat Virus HIV Aids

Gejala infeksi HIV adalah demam, sakit tenggorokan, nyeri otot dan sendi, ruam, pembengkakan kelenjar getah bening dan banyak lagi. Sebelum membahas detil tentang tanda-tanda HIV, Anda harus tahu detail tentang virus HIV.

HIV adalah virus yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia dan menyerang sel-sel CD4 yang bertanggung jawab untuk mencegah tubuh Anda dari semua jenis penyakit.

Virus menyebar begitu cepat sehingga menghancurkan sel CD4 secara cepat dan tubuh Anda kehilangan kekuatan untuk mencegah segala jenis penyakit. Ketika tubuh manusia tidak dapat mencegah diri dari semua jenis penyakit, maka kondisi ini disebut AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome).

Obat adalah satu-satunya cara untuk bertahan hidup, tetapi infeksi HIV dan AIDS dapat mengancam nyawa. Apa saja tanda dan gejala HIV?

Demam

1. Demam
Ini adalah salah satu tanda dasar memiliki infeksi HIV. Anda akan terserang demam ringan sampai demam tinggi karena suhu bisa mencapai hingga 102 derajat F. Seiring dengan demam, berat badan Anda bisa menurun, merasa lesu dan menderita sakit kepala.

Nyeri dan bengkak Kelenjar Getah Bening

2. Nyeri dan bengkak Kelenjar Getah Bening
Sebagaimana telah kita ketahui bahwa kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan, sangat jelas bahwa mereka akan sangat terpengaruh oleh infeksi HIV. Karena pembengkakan pada kelenjar getah bening, Anda dapat menderita nyeri sendi dan nyeri otot.

Kelelahan

3. Kelelahan
Apa saja tanda dan gejala HIV? Jika demam Anda disertai dengan kelelahan, Anda bisa pergi untuk tes HIV. Karena sistem kekebalan tubuh Anda menurun, maka hari demi hari Anda akan menjadi lebih lemah, tubuh Anda kehilangan kekuatan untuk mencegah penyakit dan menjadi lesu dan tidak bisa dihindari.

Ruam Kulit

4. Ruam Kulit
Ruam kulit dan kemerahan pada kulit dapat muncul pada tahap awal atau akhir penyakit Anda. Tapi, bagaimana mengetahui bahwa ruam ini untuk infeksi HIV dan bukan untuk setiap kondisi alergi? ruam ini terlihat seperti bisul dan dalam warna merah muda.

Berat Badan

5. Berat Badan
Penurunan berat badan yang cepat adalah gejala yang signifikan memiliki AIDS. Pada tahap akhir, pasien bisa menderita diare yang dapat membuat berat badan terus menurun. Tidak peduli berapa banyak pasien makan, dia akan tetap kehilangan berat badan terus menerus.

Mual dan Muntah

6. Mual dan Muntah
Jika Anda bertanya, ‘apa tanda-tanda dan gejala HIV?’ jawabannya adalah mual dan muntah, ini tidak dapat dihindari. Menurut sebuah studi medis, 30% -60% dari pasien HIV menderita mual dan muntah pada tahap awal infeksi. Juga diare tidak responsif dapat menjadi gejala penting dari AIDS.

Batuk kering

7. Batuk Kering
Jika ini terus berlanjut selama satu tahun atau lebih dan semua antibiotik dan inhaler gagal untuk menyembuhkannya, Anda perlu untuk khawatir. Periksakan untuk tes HIV karena hal ini dapat menjadi tanda utama AIDS. Apa saja tanda dan gejala HIV? Mudah-mudahan, Anda mendapatkan jawabannya.

Baca juga : PSK Ini Hamil dan Terjangkit HIV Akibat Kondom Bocor

Facebook Comments